Apasih Menu Bar itu ?

Menu bar adalah sebuah strip horizontal yang berisi daftar menu yang tersedia untuk program tertentu. Dalam program Windows, menu bar berada di bagian atas  jendela layar yang terbuka.

Berikut jenis-jenis menu bar dan juga fungsinya :

  1. Menu File

Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dan sebagainya.

  1. New : Membuat file yang baru
  2. Open : Membuka File yang pernah kita buat
  3. Close : Menutup file yang sedang kita buka
  4. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
  5. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
  6. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
  7. Web page Preview : Preview halaman web
  8. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
  9. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
  10. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
  11. Sent To : Mengirimkan dokumen
  12. Exit : Keluar dari Program Word
  1. Menu edit

Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan teks atau dokumen

Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan

Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan

Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja

Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita

Clear : Membersihkan

Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat

Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja

Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita

Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah

Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan

Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan cepat

  1. Menu view

Menu View berfungsi untuk mengatur seperti apa tampilan dokumen yang sedang dibuat

Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen

Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya

Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman

Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word

Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita

Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek

Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)

Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh

Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen

  1. Menu insert

Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.

Break : Berganti Halaman

Page Number : Penomoran halaman

Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya

Symbol : Menyisip suatu simbol

Footnote : Membuat catatan kaki

Picture : Menyisip gambar

Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen

Text Box : Menyisip teks di dalam kotak

File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita

Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja

  1. Menu format

Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll

Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen

Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )

Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris

Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat

Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom

Tabs : Untuk mengatur ukuran tab

Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf

Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih

Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya

Background : Mengatur warna latar belakang lembar kerja

Theme : Menerapkan tema yang diinginkan

Styles and Formatting : Memformat jenis huruf

  1. Menu Tools

Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja

Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris

Research :Mencari dokumen tertentu

Letter and Mailing :Membuat surat dan email

Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro

Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon  yang aktif yang akan digunakan dalam menu

Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum

  1. Menu table

Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut

Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border

Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll

Delete : Menghapus tabel, baris dll

Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll

Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell

Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung

Split Table : Membagi suatu sel pada tabel

Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya

Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada

Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang

Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya

Sort : Mensorting data yang ada pada tabel

Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel

Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel

  1. Menu Windows

Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja

New Window : Membuat lembar kerja window baru

Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif

Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian

  1. Menu Help

Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita hal yang belum tahu dari

Microsoft Word.

Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah.

 

 

 

Suumber : http://ramdankhan.blogspot.co.id/2013/02/menu-bar-dan-fungsinya.html?m=1

Tinggalkan komentar